VISI, MISI DAN TUJUAN
- Rabu, 10 Juni 2020
- Berita Pengumuman Sekilas-info
- admin-1
- 0 komentar
VISI, MISI DAN TUJUAN SMA NEGERI 1 KUPANG
VISI :
“Mewujudkan warga sekolah yang memiliki Profil Pelajar Pancasila, Literat, Bermutu serta Berkompeten menuju Era Persaingan Global”
MISI :
- Meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan akhlak mulia seluruh warga sekolah melalui proses pembelajaran dan berbagai kegiatan keagamaan.
- Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, asri, rindang, nyaman dan aman.
- Membudayakan literasi dasar (literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi kewarganegaraan) melalui proses pembelajaran berbasis HOTS, berbasis TIK dengan berbagai pendekatan dan model pembelajaran.
- Mengembangkan karakter peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
- Membiasakan budaya positif kesepakatan belajar dan refleksi sebagai bagian dari proses pembelajaran.
- Memotivasi dan memfasilitasi warga sekolah dengan berbagai kegiatan peningkatan kompetensi dan kecerdasan sosial emosional.
- Menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta, lembaga-lembaga badan usaha, alumni, komunitas untuk bergotong royong mengembangkan sekolah.
TUJUAN :
JANGKA PANJANG :
- Menghasilkan lulusan yang berkarakter profil pelajar pancasila.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi literasi dan numerasi yang mampu menunjang kompetensinya dalam memecahkan masalah serta mampu bersaing secara global sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
JANGKA MENENGAH :
- Meningkatkan mutu lulusan yang mampu bersaing secara global dengan indikator meningkatnya kualitas dan kuantitas lulusan yang dapat melajutkan pendidikan ke Perguruan tinggi, kedinasan dan dunia usaha.
- Mewujudkan toleransi dalam kebhinekaan global sebagai kekuatan SMAN 1 Kupang.
- Mewujudkan budaya gotong royong dalam mengelola manajemen sekolah dan pengembangan sekolah.
- Meningkatkan manajemen resiko, melalui kegiatan akreditasi sekolah, perencanaan, evaluasi, monitoring, secara berkala terhadap proses pembelajaran dan pelaksanaan program.
- Memanfaatkan teknologi dan komunikasi sebagai upaya pengembangan kompetensi diri untuk dapat menciptakan pembelajaran berbasis TIK yang sesuai dengan kebutuhan zaman.
- Meningkatkan peran serta peserta didik di berbagai lomba di bidang intrakurikuler maupun ekstrakurikuler baik Tingkat Kota, Propinsi, Nasional dan Internasional.
- Mendorong peran aktif Pendidik dan Peserta didik dalam berbagai ajang peningkatan kompetensi dan melakukan pengembangan diri, sebagai pembelajar sepanjang hayat.